Hutan di Grobogan Terbakar, Setengah Hektar Lahan Hangus

Setelah ditelusuri, penyebab kebakaran hutan tersebut adalah akibat dedaunan kering yang terjatuh ke tanah.

Selasa, 03 Oktober 2023 | 21:55 WIB - Ragam
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Grobogan - kebakaran hutan terjadi di Desa Geyer, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, tepatnya di petak 122 B2 RPH Gaji BKPH Monggot KPH Gundih, Senin (2/10/2023) malam. Luas lahan yang terbakar itu diperkirakan sekitar setengah hektar. 

Kapolres Grobogan AKBP Dedy Anung Kurniawan mengatakan, usai mendapatkan laporan terjadinya kebakaran hutan, petugas gabungan yang terdiri dari Koramil Geyer, Polsek Geyer, Satpol PP Kecamatan Geyer, serta Perhutani KPH Gundih dengan dibantu masyarakat setempat, sigap mendatangi lokasi kebakaran.

BERITA TERKAIT:
Pemuda di Grobogan Gorok Leher Sendiri Lantaran Sakit Tak Kunjung Sembuh 
Motif Pembunuhan Wanita Tukang Pijat, Kuasai Harta Korban karena Terjerat Utang 
Polisi Buru Pembunuh Wanita Tukang Pijat di Purwodadi, Diduga Lari ke Hutan di Toroh 
Wanita Muda di Grobogan Tewas dengan Kondisi Tangan dan Kaki Terikat, Harta Benda Raib
Kades di Grobogan Jadi Tukang Tipu dengan Iming-iming Jadi ASN, Korban Rugi Rp190 Juta

"Petugas gabungan dibantu masyarakat kemudian melakukan pemadaman api secara manual dengan peralatan seadanya," kata Kapolres Grobogan.

Namun karena kobaran api cukup besar, petugas gabungan tersebut kewalahan hingga akhirnya menghubungi BPBD Grobogan untuk melakukan pemadaman.

"Api berhasil dipadamkan setelah 2 unit mobil tangki dari BPBD dan PMI Grobogan tiba di lokasi," jelas AKBP Dedy Anung Kurniawan.

Setelah ditelusuri, penyebab kebakaran hutan tersebut adalah akibat dedaunan kering yang terjatuh ke tanah.

"Dari hasil pengecekan yang dilakukan petugas, kebakaran hutan terjadi akibat dedaunan kering yang terjatuh ke tanah dan terbakar," ungkapnya.

AKBP Dedy Anung Kurniawan menjelaskan, kebakaran hutan yang terjadi di Geyer, Grobogan mengancam lingkungan dan keamanan warga setempat. Selain itu, juga mengancam keselamatan pengguna jalan karena lokasi kebakaran berada di tepi jalan raya Purwodadi – Solo.

Oleh karena itu, Kapolres Grobogan mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada dan aktif melaporkan kejadian kebakaran kepada pihak berwenang jika mereka mengetahui adanya kebakaran. Hal ini terutama yang disebabkan oleh pembakaran hutan dan lahan yang sengaja dilakukan.

"kebakaran hutan bukan hanya merugikan lingkungan dan kesehatan, tetapi juga dapat mengakibatkan kerugian materil yang besar. Bahkan, dapat mengakibatkan hilangnya nyawa manusia terutama jika kebakaran tidak segera dikendalikan," ujarnya.

"Kami berkomitmen akan terus melakukan sosialisasi karhutla kepada masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian hutan dan mencegah terjadinya kebakaran," pungkas Kapolres Grobogan.

***

tags: #grobogan #kebakaran hutan #terbakar

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI