DWP Klaten Gelar Pemeriksaan IVA dan Sadanis Gratis untuk Deteksi Dini Kanker Serviks

Harapannya adanya kegiatan ini Anggota DWP ataupun pengurus DWP semuanya terbebas dari penyakit kanker leher rahim.

Rabu, 29 November 2023 | 07:47 WIB - Kesehatan
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Klaten – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Hari Ibu, dan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten, DWP mengadakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asetat ( IVA ) dan pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis) secara gratis. Kegiatan yang bertujuan untuk deteksi dini kanker serviks dan payudara ini digelar pada Selasa (28/11/2023) di RSUD Bagas Waras Klaten.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Klaten, Efi Jajang Prihono menyampaikan pemeriksaan Iva tes dan Sadanis merupakan kerjasama DWP Klaten dengan Dinas Kesehatan Klaten serta RSUD Bagas Waras Klaten. “Peserta yang mengikuti pemeriksaan di RSUD Bagas Waras. Terdiri dari ASN Putri dan Anggota DWP baik dari badan, dinas, dan instansi vertikal. Sedangkan Anggota DWP di 26 Kecamatan akan dilaksanakan pemeriksaan juga mulai hari ini (28-10 Desember 2023) di Puskemas wilayah masing-masing,” kata Efi.

BERITA TERKAIT:
Usut Kasus Dugaan Pemerasan Firli, Polisi Kembali Periksa SYL
Jelang Idul Adha, Ditemukan Penyakit Kudis dan Orf pada Hewan Qurban
Arab Saudi Perketat Pemeriksaan Jelang Puncak Haji
Galian C di Katekan Grobogan Berbuntut Panjang, Seorang Warga dan Kades Malah Diperiksa Polisi
Sandra Dewi Penuhi Panggilan Kejagung sebagai Saksi Kasus Korupsi Tata Niaga Timah

Efi menyampaikan tujunnya mendeteksi dini penyakit kanker leher rahim. “Harapannya adanya kegiatan ini, Anggota DWP ataupun pengurus DWP semuanya terbebas dari penyakit kanker leher rahim,” jelas Efi.

Turut hadir Bupati Klaten, Sri Mulyani secara langsung meninjau kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis. “Harapannya hasil dari pemeriksaan ini nanti semuanya sehat dan bisa mendampingi para suaminya untuk menjaabat di Kabupaten Klaten semakin semangat. Ini deteksi yang sangat bagus dilakukan untuk kaum perempuan. Terimakasih DWP Klaten dan RSUD Bagas Waras Klaten yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat dibutuhkan kaum ibu. Selamat Hari Ibu,” jelas Sri Mulyani.

Terlihat seluruh peserta sebelum melaksanakan pemeriksaan IVA dan Sadanis diberikan pengarahan dan mengisi formulir yang telah disediakan. Selanjutnya seluruh peserta dilakukan pemeriksaan secara bergilir.

***

tags: #pemeriksaan #iva dan sadanis #dharma wanita persatuan #inspeksi visual asetat #kabupaten klaten

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI