BNNP Jateng Gelar Bimtek Guna Ajak Instansi Pemerintah Turut Perangi Narkoba

"Bimbingan teknis ini untuk satu tujuan yang mulia yaitu bersinergi dalam perang melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Rabu, 05 Juni 2024 | 20:14 WIB - Ragam
Penulis: Holy . Editor: Hani

KUASAKATACOM, Semarang -- Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah (BNNP Jateng) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penggiat Anti Narkoba Instansi Pemerintah Tahun 2024 di Hotel Metro Park View, Semarang.
 
Kepala BNNP Jateng Brigjen Pol Agus Rohmat menyampaikan materi mengenai Kebijakan dan Strategi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan peredaran Gelap narkotika (P4GN). 

"Bimbingan Teknis ini untuk satu tujuan yang mulia yaitu bersinergi dalam perang melawan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh BNN bekerjasama dengan Badan Riset Dan Inovasi Nasional (BRIN) menunjukan bahwa angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa Tengah mencapai angka 1,3% atau sekitar 195.000 penduduknya telah terpapar narkoba. Yang lebih mengkhawatirkan 27% dari angka penyalahguna tersebut masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa," kata Agus Rohmat, dalam keterangan tertulis, Rabu (5/6).

BERITA TERKAIT:
Presidium Gusdurian Semarang Desak Pemprov Jateng Tinjau Ulang Kepengurusan FKUB 2024-2029
Disperakim Jawa Tengah: Realisasi Program Tuku Lemah Oleh Omah Capai 1.790 Unit
PWI Kolaborasi dengan Kemendikbudristek Gelar SJI di Semarang, Terapkan Kurikulum Unesco dan Missouri School of Journalism
Dinilai Berhasil sebagai Ketua TPPS, BKKBN Anugerahi Nana Sudjana Dharma Karya Kencana
Hari Pertama Fit dan Proper Test PDIP Jateng Diikuti 4 Incumbent

Angka prevalensi penyalahgunaan narkoba di Provinsi Jawa Tengah yang mencapai angka 1,3 % atau sekitar 195.000 penduduk tidak dapat hanya dihadapi oleh 3.934 orang penggiat yang telah terbentuk sampai tahun 2023. Dia berharap para peserta bimtek Penggiat P4GN Instansi Pemerintah kelak dapat menjadi Penggiat P4GN yang handal baik itu sebagai penyuluh, pendamping, penjangkau, penggalang laporan, serta sebagai fasilitator dalam rangka mewujudkan Indonesia Bersinar, bersih dari narkoba.

Dalam kegiatan ini Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah juga menyampaikan materi yang berjudul "Kebijakan dan Strategi Nasional P4GN (Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika)", yang diharapkan dapat memberi gambaran peserta Bimtek tentang ancaman atau bahaya narkoba, kebijakan dan strategi yang telah dilakukan BNN. 

Selanjutnya penyampaian materi dari narasumber kedua, Ketua Tim Kerja Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jateng Jamaluddin Ma’ruf, S.Farm., Apt.  yang membawakan materi tentang Metode Pencegahan dalam Upaya P4GN. Materi ketiga disampaikan oleh Ketua Tim Kerja Rehabilitasi BNNP Jateng Solikhun, S.Ag, M.H. mengenai Pengantar Dasar Adiksi, Konseling dan Rehabilitasi.

Materi terakhir disajikan oleh Ketua Tim Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jateng Ginung Yudianto, S.H., M.H. yang menyuguhkan materi mengenai Aspek Hukum dalam P4GN.

***

tags: #jawa tengah #badan narkotika nasional #bimbingan teknis

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI