Gagas Pengembangan Ekowisata, Mahasiswa UNAIR Raih Juara I Business Plan

Eca juga berpesan kepada seluruh mahasiswa UNAIR untuk terus mengembangkan kemampuan masing-masing.

Kamis, 06 Juni 2024 | 19:47 WIB - Didaktika
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Surabaya- Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil raih juara I lomba business plan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya pada Minggu (2/6/2024). Tim dari UNAIR terdiri dari Muhammad Raisa Haqiquddin Rokhmatullah (FEB), Tony Gunawan (FEB), dan Yasmin Lail Ramadhani (FKM).

Raisa Haqiduddin atau yang akrab dipanggil Eca, menyebutkan bahwa melalui lomba business plan dapat meningkatkan kemampuan soft skill. Perkembangan ekonomi menjadikan salah satu kunci untuk menjadikan peningkatan kualitas negara. “Sebagai mahasiswa ekonomi, memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas ekonomi melalui pendidikan dan menuangkan ide dengan ikut perlombaan,” ucapnya.

BERITA TERKAIT:
Dosen Komunikasi UNAIR Ini, Ungkap Alasan Film Horor Kian Populer di Indonesia
Cerita Marlon Mahasiswa Termuda UNAIR yang Lolos Lewat Jalur SNBT 2024
Pengamat UNAIR Soroti Risiko Politik dari Izin Tambang Ormas Agama
Inspiratif, Asa Menjadi Maba Termuda UNAIR Di Usia 16 Tahun
Iduladha di Depan Mata, Dosen UNAIR: Momen untuk Solidaritas Sesama

Eca mengatakan bahwa business plan yang dibuat oleh timnya membahas tentang ekowisata. Banyaknya tempat wisata, menjadikan Indonesia sebagai negara yang berpotensi meningkatkan ekonomi melalui bidang pariwisata.

“Pariwisata lokal menjadi primadona tersendiri di Indonesia, sehingga kami berfokus pada topik ini. Business plan yang kami buat, tidak hanya mempermasalahkan mengenai pengembangan ekowisata saja, melainkan juga mengenai teknis seperti minimnya prosedur keselamatan wisatawan pada pariwisata alam,” jelasnya.

Eca menyebutkan bahwa selama proses persiapan tidak ada kendala yang berarti. Meskipun terdapat tantangan lain ketika menghadapi banyaknya pesaing dari universitas lain yang juga berkualitas. “Kami mencoba tetap optimis, apapun hasilnya yang penting ide dan inovasi mampu kami tuangkan dalam perlombaan ini,” tuturnya.

Berkontribusi dalam Ekonomi Nasional
Eca mengatakan meskipun mekanisme seleksi hingga menuju final cukup panjang, tetapi timnya memiliki tekad untuk terus berkontribusi dalam ekonomi nasional. Pentingnya peran mahasiswa dalam membahas isu ekonomi nasional, menjadi fokus utama Eca dan tim.

“Pastinya kami senang dan bangga telah berhasil meraih juara 1 pada lomba kali ini, harapan kami semoga kedepannya Indonesia terus mengembangkan dunia pariwisata sebagai salah satu poros perekonomian. Kami juga berharap, masyarakat sekitar area pariwisata mampu menjaga dan memanfaatkan dengan baik ekowisata, tanpa merusak kondisi lingkungan disekitar area ekowisata,”

Eca juga berpesan kepada seluruh mahasiswa UNAIR untuk terus mengembangkan kemampuan masing-masing. Memanfaatkan peluang ketika berkuliah melalui perlombaan, merupakan salah satu bentuk kontribusi mahasiswa dalam dunia pendidikan.

“Sebagai mahasiswa UNAIR, kita harus tetap semangat berinovasi demi kemajuan dunia pendidikan. Improvisasi diri seperti berkolaborasi dengan mahasiswa dari jurusan lain merupakan bentuk implementasi kolaborasi keilmuan,” pungkasnya.
 

***

tags: #universitas airlangga #inovasi #dunia pendidikan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI