Kemenag Terus Dorong Peningkatan SDM KUA

KUA sebagai Unit Pelaksana Teknis harus menjunjung tinggi kewajiban moral dalam memberi pelayanan yang prima.

Jumat, 14 Juni 2024 | 05:27 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jakarta- Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah, Kementerian Agama RI (Kemenag), Zainal Mustamin mengatakan pentingnya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Kantor Urusan Agama (KUA), mesti sejalan dengan desain keorganisasian KUA yang progresif dan inklusif.

Zainal mengungkapkan hal itu dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Teknis Manajemen Perkantoran Kepala KUA di Jakarta, belum lama ini. “Ketika organisasi dan tata kerja KUA memasuki tahap akhir pembahasan dan segera ditetapkan, maka SDM KUA harus diperkuat agar beriringan dengan desain keorganisasian KUA yang lebih progresif dan inklusif,” ucap Zainal.

BERITA TERKAIT:
PPIH Fasilitasi Jemaah Sakit KKHI Ziarah ke Nabawi
Kemenag Buka Kemungkinan Haji Pasien KKHI Dipulangkan Lebih Awal
Penghulu Diminta Edukasi Calon Pengantin Soal Bahaya Judi Online 
Bus Shalawat Kembali Beroperasi Mulai Hari Ini
Sampah Jadi Masalah Serius di Yogyakarta, Kemenag Imbau Idul Adha Pakai Besek 

Ia menyebutkan indeks layanan KUA pada 2023, mencapai 71,7 poin. Angka itu menunjukkan bahwa kualitas layanan KUA termasuk dalam kategori tinggi. Dikatakan Zainal, penilaian mencakup sejumlah aspek layanan yang diberikan oleh KUA kepada masyarakat. “Indikatornya termasuk kecepatan pelayanan, kualitas layanan, kepuasan masyarakat, dan transparansi prosedur. Setiap indikator dinilai secara menyeluruh untuk mendapatkan gambaran akurat mengenai kualitas layanan yang diberikan,” ungkapnya.

Oleh itu,ditegaskan Zainal, KUA sebagai Unit Pelaksana Teknis harus menjunjung tinggi kewajiban moral dalam memberi pelayanan yang prima. Ia berharap KUA terus memenuhi tugas dan harapan masyarakat dan menjadi teladan dengan penuh dedikasi dan integritas yang tinggi. “Pastikan masyarakat menerima layanan dari KUA dengan baik, santun, dan memuaskan,” tegasnya.
 

***

tags: #kementerian agama #kantor urusan agama #sumber daya manusia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI