Kalahkan Laos 6-1, Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF U-16

Memasuki babak kedua, Indonesia masih terus menekan Laos.

Jumat, 28 Juni 2024 | 02:48 WIB - Olahraga
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Solo- Meski sempat tertinggal lebih dulu dari lawannya Laos lewat titikputih, namun akhirnya Timnas Indonesia U-16 membalikkan hasil akhir menjadi 6-1, dalam laga terakhir grup A Piala AFF U-16 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Kamis (27/6) malam.

Kemenenangan tersebut membuat Indonesia keluar sebagai juara grub A dengan total poin 9 dan diperingkat kedua diikuti Laos dengan 6 poin.

BERITA TERKAIT:
Hasil Piala AFF U-16 : Timnas Indonesia U-16 Bantai Laos U-16 dengan Skor 6-1
Kalahkan Laos 6-1, Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF U-16
Nova Arianto Panggil 36 Pemain untuk Ikuti Seleksi Kedua Timnas U-16
Persiapan Kualifikasi AFC U-20, Shin Tae-yong Panggil 36 Pemain untuk Pemusatan Latihan
Bank BRI Berikan Bonus Rp 1 Miliar untuk Tim U-16 Indonesia

Indonesia sempat tertinggal lebih dulu, saat Mathew Baker melakukan pelanggaran terhadap Sayyavath Vansavath di kotak penalti pada menit kelima. Phayak Siphanom sebagai algojo mampu memberdayai kiper Indonesia M Nur Ichsan, sehingga bola masuk ke gawang dan kedudukan berubah 0-1 untuk Laos

Meski tertinggal dari musuhnya, takmembuat permainan Garuda Muda menurun. Bahkan anak asuh Nova Arianto tersebut terus menekan pertahanan Laos hingga akhirnya, Indonesia mendapatkan pinalti di menit ke-23. Gholy dilanggar Ki Mounkanyah di kotak penalti. Gholy yang menjadi eksekutor pun membuat skor berubah menjadi 1-1.

Usai menyeimbangkan kedudukan, I Putu Panji dkk terus menekan Laos dan kedudukan berbalik pada menit ke-29, Indonesia unggul setelah sepak pojok yang dilepaskan Fabio Azkairawan, kena kepala bek Laos Sayyavath Vansavath dan bola menghujam ke gawang mereka sendiri. Gol dan skor menjadi 2-1.

Sundulan Josh Holong pada menit ke-38, membuat Timnas Indonesia U-16 semakin memperlebar jarak menjadi 3-1. Gol tersebut bermula dari lemparan jarak jauh yang dilepaskan Fabio Azkairawan membuat kemelut di depan gawang Laos dan dituntaskan dengan sundulan kepala oleh Josh.

Jelang berakhirnya babak kedua atau tepatnya pada menit 45+2, kapten Timnas I Putu Panji mampu memaksimalkan sepakan bebas Fabio dan kedudukan menjadi 4-1.

Memasuki babak kedua, Indonesia masih terus menekan Laos dan gol kelima tercipta pada menit ke 61. Gol yang dicetak Josh ini cukup cantik dan mampu memberdaya kiper Laos. Mierza Firjatullah yang masuk pada babak kedua turut menambah gol Timnas Indonesia U-16 setelah mampu memaksimalkan umpan terobosan dan dengan dingin menuntaskan peluang.

Dipertandingan Grup A lainnya, Singapura menang 4-0 atas Filipina sehingga tim junior Singapura menempati peringkat ketiga.

Susunan Pemain 

Timnas Indonesia U-16:
M Nur Ichsan; Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji Apriawan, Mathew Ryan Baker, Raihan Apriansyah, Fabio Azkairawan; Nazriel Alfaro Syahdan, Daniel Alfrido, Tristan Raissa Ibrahim, M Zahaby Gholy; Josh Holong Junior.

Timnas Laos U-16:
Thisakhone Sumlivongvath; Phisith Orr, Bounthasak Chandala, Phoutthasak Sihakhot, Daophahad Kamkasomphou, Phayak Siphanom, Sikanda Xaisongkham, Binly Donsanouphit, Ki Mounkanyah, Sayyavath Vansavath.
 

***

tags: #timnas u-16 #indonesia #laos

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI