Balasan PSSI terhadap Sanksi AFC untuk STY, Justin Hubner, dan Ivar Jenner

Ketiganya diharuskan membayar denda itu paling lama 30 hari sejak keputusan tersebut keluar.

Minggu, 30 Juni 2024 | 05:05 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Dua pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner dan Ivar Jenner, serta Shin Tae-yong mendapatkan sanksi dan denda oleh Komdis AFC terkait Piala Asia U-23 2024. Menanggapi hal tersebut PSSI memberikan tanggapan terhadap keputusan yang dibagikan Komite Etik dan Disiplin (Komdis) AFC pada Kamis (27/6/2024). Dalam isian tersebut, ada 17 pelanggaran yang terjadi di sejumlah kompetisi Asia yakni Liga Champions Asia, Piala Asia U-23, dan Piala Asia Futsal 2024. Tiga kasus di antaranya adalah pelanggaran yang melibatkan skuad Timnas Indonesia U-23.

Justin, Ivar, dan Shin Tae-yong dianggap menyebutkan kalimat tidak pantas terkait hasil pertandingan. Mereka bertiga meluapkan kekecewaannya seusai Indonesia U-23 kalah 0-2 dari Qatar karena wasit dianggap berat sebelah. Meski begitu, PSSI mengaku akan mematuhi sanksi tersebut dengan membayar denda. Federasi legawa dengan keputusan yang disebut mengacu ke aturan yang ada.

BERITA TERKAIT:
Balasan PSSI terhadap Sanksi AFC untuk STY, Justin Hubner, dan Ivar Jenner
Akibat Langgar Kode Etik dan Disiplin, AFC Beri Sanksi Justin Hubner dan Ivar Jenner
Erick Thohir Dipastikan Hadiri Drawing Round 3 Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia
PSIS Kantongi Licensing AFC Challenge League dan Liga 1
Indonesia Resmi Layangkan Protes ke AFC Terkait Kepemimpinan Nasrullo Kabirov

"Ya itu kan sama seperti hukuman Komdis (PSSI), sudah ada aturannya. Ya dipenuhi dan harus dilakukan tahapan-tahapan pembayarannya sesuai (aturan) yang ada," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga pada Jumat (28/6).

"Harus dilakukan tahapan-tahapan pembayaran sesuai dengan yang ada. PSSI yang membayar denda," tambahnya.

Mereka didakwa melanggar Artikel nomor 50 AFC soal Disiplin dan Kode Etik. Hubner dan Ivar didenda masing-masing 5 ribu USD atau sekitar Rp 81 juta, sedangkan Shin Tae-yong 7.500 USD atau sekitar Rp 122 juta. Tiga pelanggaran ini diduga dilakukan oleh ketiganya seusai Indonesia U-23 dikalahkan Qatar 0-2. Dalam laga tersebut, wasit Nasrullo Kabirov dianggap berat sebelah buat Qatar. Wasit asal Tajikistan dianggap salah mengambil keputusan saat memberikan kartu kuning kedua buat Ivar Jenner hingga membatalkan kartu merah buat pemain Qatar. Adapun sang tuan rumah menang lewat penalti yang kontroversial dan dari gol tendangan bebas.

PSSI akan membayarkan denda AFC kepada pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, dan dua pemainnya, Justin Hubner dan Ivar Jenner, akibat perilaku di Piala Asia U-23 2024. Total, ketiganya dihukum AFC untuk membayar nominal sebesar 20.000 dolar AS atau setara dengan Rp286,4 Juta.
Shin Tae-yong didenda AFC 7.000 dolar AS (Rp122,8 juta). Sementara, Justin Hubner dan Ivar Jenner masing-masing didenda 5.000 dolar AS (Rp81,8 juta).

Ketiganya diharuskan membayar denda itu paling lama 30 hari sejak keputusan tersebut keluar, yang diterbitkan Komite Disiplin dan Etika AFC pada Kamis (27/6/2024).

Shin Tae-yong, Justin Hubner, dan Ivar Jenner divonis AFC melanggar Pasal ke-50 Kode Disiplin dan Etik AFC. ementara, Justin Hubner dan Ivar Jenner didenda AFC karena membuat status di media sosial yang dinilai menghina Piala Asia U-23 hingga Federasi Sepak Bola Qatar (QFA).

Shin Tae-yong dinilai "selama konferensi pers pasca-pertandingan, tergugat membuat komentar yang mempertanyakan kompetensi dan integritas wasit dan AFC,".

"Tergugat membagikan konten di media sosial yang menghina dan mempertanyakan integritas hasil pertandingan, pertandingan itu, kompetisi, negara Qatar, Asosiasi Sepak Bola Qatar, dan atau AFC," tulis AFC.

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #afc #sanksi #ivar jenner #shin tae-yong #justin hubner

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI