IAIN Purwokerto, Foto: Istimewa

IAIN Purwokerto, Foto: Istimewa

Perpustakaan IAIN Purwokerto Buka Layanan Protokol Kesehatan

Pemustaka yang ingin meminjam koleksi dibatasi 10 orang dalam jangak waktu 30 menit.

Jumat, 19 Juni 2020 | 21:56 WIB - Didaktika
Penulis: Ririn . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, BanyumasIAIN Purwokerto membuka layanan perpustakaan sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran korona.

“Kami membuka layanan perpustakaan secara daring dan juga layanan di tempat atau secara tatap muka, namun bersifat terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ungkap pustakawan muda IAIN Purwokerto Indah Wijaya Antasari di Purwokerto, Jumat (19/6).

BERITA TERKAIT:
IAIN Purwokerto Resmi Menjadi UIN Saizu
Perpustakaan IAIN Purwokerto Buka Layanan Protokol Kesehatan

Jenis layanan daring untuk mahasiswa antara lain ingin membuat permohonan surat keterangan bebas pustaka, layanan pembuatan akun keanggotaan, bimbingan penelusuran sumber rujukan, dan konsultasi kepustakaan.

Sementara untuk layanan peminjaman atau perpanjangan buku, penyerahan skripsi bagi calon wisudawan, dan administrasi lainnya dapat dilakukan dengan tatap muka.

“Kami juga menyiapkan mekanisme layanan tatap muka seperti wajib memakai masker yang menutup hidung dan mulut, wajib membawa alat tulis sendiri dan wajib mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan sebelum masuk keperpustakaan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya menerapkan jarak fisik minimal 1,8 meter antara petugas dengan pemustaka maupun antarpemustaka.

“Mereka yang ingin mendapatkan layanan di tempat atau tatap muka wajib mengikuti ketentuan tentang protokol pencegahan penularan pandemic Covid-19,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan pelayanan dilakukan dengan mengatur waktu dan jumlah pengunjung yang masuk agar tidak terjadi kerumunan.

pemustaka yang akan mengembalikan koleksi harus memperhatikan sistem antrean berjarak tersebut sesuai penanda yang telah dibuat di lantai ruang,” tandasnya.

Ia menambahkan, pemustaka yang ingin meminta koleksi dibatasi 10 orang dalam jangka waktu 30 menit.

layanan peminjaman juga menggunakan waktu buka tutup secara bergantian dengan jeda waktu selama lima menit,” pungkasnya.

***

tags: #iain purwokerto #protokol #pemustaka #layanan #perpustakaan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI