Diduga Terkena Lumpur, Tiga Ton Ikan Larangan Lubuk Landur Pasaman Barat Mati

Data sementara ada sekitar tiga ton ikan jenis garing mati karena banyaknya lumpur bekas longsoran.

Selasa, 01 Maret 2022 | 14:29 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Simpang Empat - Diduga akibat banyaknya lumpur mengaliri sungai, sekitar tiga ton ikan larangan Lubuk Landur Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mati.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi telah datang ke lokasi melihat ikan yang mati dan memberikan arahan agar ikan yang masih hidup diselamatkan. Pasalnya, ikan larangan Lubuk Landur menjadi salah satu daya tarik wisata religi Buya Surau Lubuk Landur yang ramai dikunjungi masyarakat.

BERITA TERKAIT:
KKP Bagikan Lima Ton Ikan Layang untuk Santri Ponpes Sunan Drajat Lamongan
Hasil Tangkapan Ikan di Laut Makin Sedikit Didapat, Ini Penyebabnya
Nelayan dan Pedagang di Pati Demo karena Harga Ikan Anjlok 
PT PIL dan Lion Group Siap Kirim Ekspor Ikan ke Jepang dan Cina
Industri Perikanan Jepang Mengalami Kesulitan Usai China Stop Impor Seafood Imbas Limbah Nuklir Dibuang ke Laut

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Zulfi Agus memaparkan, data sementara ada sekitar tiga ton ikan jenis garing mati karena banyaknya lumpur bekas longsoran di hulu sungai. Menurutnya, hal itu menyebabkan insang ikan terganggu oleh air yang dipenuhi oleh lumpur. Penyebabnya karena banyaknya lumpur bekas longsoran di hulu sungai sehingga menyebabkan insang ikan terganggu oleh air yang penuh lumpur.

"ikan yang mati langsung dikuburkan sedangkan ikan yang masih hidup dipindahkan ke tempat yang aman," tuturnya, Selasa (1/3/2022).

Saat ini, pihaknya telah memindahan ikan ke anak sungai yang mengalir dekat Surau Lubuk Landur itu. "Tim kita telah turun mengukur kualitas air untuk penampungan ikan yang masih hidup dan kualitas airnya cukup bagus," sambungnya.

Sementara itu kualitas air Sungai Batang Lubuk Landur kualitas airnya masih normal tetapi hanya masih keruh karena lumpur. "Kita berharap ikan yang masih ada di sungai bisa bertahan," harap Zulfi Bagus.

***

tags: #ikan #mati #lubuk landur #bupati pasaman barat hamsuardi

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI