Kasus Gigitan Anjing Rabies Meningkat, Kementan Kirim 2.500 Dosis Vaksin ke NTT 

Menurut Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Kupang Yulius Umbu menyatakan kasus gigitan rabies bertambah setiap hari. 

Sabtu, 03 Juni 2023 | 19:51 WIB - Kesehatan
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Kupang - Kementerian Pertanian (Kementan) mengirim 2.500 dosis vaksin rabies ke Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan NTT drh Melky Angsar mengatakan ribuan dosis vaksin rabies tersebut diserahkan kepada Polres Timor Tengah Selatan, Sabtu (3/6) pagi.

"Pagi ini serah terima 2.500 dosis dari Kementan bersama Dinas Peternakan NTT dan Dinas Peternakan Timor Tengah Selatan sekaligus vaksin untuk anjing di Polres Timor Tengah Selatan," kata Melky. 

BERITA TERKAIT:
SYL Akui Terima Rp30 Juta per Bulan dari Kementan untuk Kebutuhan Rumah Tangga
SYL Sebut Tindakannya Menarik Uang dari Bawahan di Kementan adalah Perintah Presiden Jokowi
Perkuat Ketahanan Pangan, Kementan Tanam Padi Bogo di Lebak Banten 
Kementan harus Gaji Rp4,3 per Bulan Biduan Nayunda Nabila, Titipan SYL 
Indira Chunda Thita, Anak SYL yang Diduga Pakai Uang Negara untuk Skincare! Ini Sosoknya

Upaya tersebut untuk menanggulangi kasus rabies di daerah tersebut. Menurut Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Kupang Yulius Umbu menyatakan kasus gigitan anjing rabies bertambah setiap hari. 

Pada Jumat (2/6), tercatat tambahan 21 kasus gigitan baru sehingga total kasus gigitan anjing rabies di daerah itu bertambah menjadi 128 kasus. 

Satu orang tercatat meninggal. Wilayah yang terdapat kasus gigitan anjing rabies juga bertambah. Sebelumnya satu desa dan satu kecamatan, kini meluas menjadi 39 desa dan 11 kecamatan.

"Jumlah orang dilaporkan digigit anjing 21, gejala tidak khas rabies ada 13, jumlah korban gigitan anjing yang dirawat 105 orang dirawat dan orang yang mendapatkan pelayanan vaksinasi antirabies dosis pertama sebanyak 45 orang," kata Yulius.
 

***

tags: #kementan #vaksin #kupang #ntt #anjing

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI