Hadiri Halalbihalal NU dan Muhammadiyah, Edy Supriyanta: Kerukunan Modal Hadapi Pilkada Jepara

Kegiatan halalbihalal ini dihadiri para pengurus hingga warga NU dan Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara.

Senin, 13 Mei 2024 | 05:23 WIB - Ragam
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Jepara- Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menegaskan jika kerukunan dan tali silaturahmi yang terjalin baik antara Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah menjadi modal bersama dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada). 

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Jepara itu saat menghadiri halalbihalal NU dan Muhammadiyah di Ono Joglo Resort and Convention, Bandengan, Minggu (12/5/2024).

BERITA TERKAIT:
Hadiri Halalbihalal NU dan Muhammadiyah, Edy Supriyanta: Kerukunan Modal Hadapi Pilkada Jepara
Bupati Sragen Gelar Halalbihalal dengan Tokoh Masyarakat
Jalankan Perintah Ketum PDIP, Bambang Pacul akan Jadikan Jateng sebagai Indonesia Mini Penuh Kesejukan
Perkuat Hubungan, Keluarga Besar IAPAT Undip Gelar Halal Bihalal
Komunitas Perantau Karanganyar Gelar Pertunjukkan Wayang Kulit di Tangerang

"Nuansa kesejukan yang ditunjukkan NU dan Muhammadiyah akan menjadi oase di tengah perbedaan pilihan masyarakat Jepara dalam  pesta demokrasi Pilkada yang akan kita laksanakan November mendatang," kata Edy.

halalbihalal ini, kata Edy, bermakna penting guna meneguhkan kembali tali silaturahmi antara dua ormas keagamaan terbesar yang telah memberikan banyak pengaruh serta peran dan kontribusi bagi Indonesia. 

"Meski potensi polarisasi tetap ada, namun kondusifitas Jepara harus terus kita jaga agar pembangunan dapat berjalan secara berkelanjutan. Kedamaian harus menjadi denyut nadi kehidupan masyarakat Jepara yang terbiasa hidup dalam kultur keberagaman," lanjutnya.

Edy menjelaskan, komitmen Kebangsaan NU dan Muhammadiyah selama ini sudah jelas dan teruji dalam merajut hubungan yang harmonis antara agama dan negara. Kedua organisasi Islam ini telah mampu membangun wajah Islam yang toleran dan moderat, serta Islam yang berkeadaban dan berkemajuan di Indonesia.

"Atas peran tersebut, saya mengucapkan terima kasih atas sumbangsih serta sinergi yang tiada pernah habis antara pemerintah dengan NU dan Muhammadiyah," jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Pengurus Cabang NU dan Pengurus Daerah  Muhammadiyah Kabupaten Jepara juga sepakat menegaskan komitmen dan seruan bersama menghadapi Pilkada ini. 6 poin komitmen dan seruan ini dibacakan oleh Sekretaris masing-masing ormas terbesar ini.

Diantara komitmen dan seruan ini yakni meminta penyelenggara pilkada, Pemerintah daerah, aparat keamanan, tokoh agama  dan tokoh maasyarakat, kontestan Pilkada hingga masyarakat menjunjung tinggi integritas dan netralitas sesuai dengan peran masing-masing sehingga Pilkada dapat berjalan dengan damai dan kondusif.

Kegiatan halalbihalal ini dihadiri para pengurus hingga warga NU dan Muhammadiyah se-Kabupaten Jepara. Hadir juga Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi dan PJU Polda serta jajaran Forkopimda Jepara.

***

tags: #halalbihalal #muhammadiyah #nahdlatul ulama #kabupaten jepara #edy supriyanta

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI