Mengapa Hari Bumi Diperingati Tanggal 22 April? Ini Sejarahnya (Foto: Istimewa)

Mengapa Hari Bumi Diperingati Tanggal 22 April? Ini Sejarahnya (Foto: Istimewa)

Mengapa Hari Bumi Diperingati Tanggal 22 April? Ini Sejarahnya

Hari Bumi 2022 dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap perubahan iklim.

Jumat, 22 April 2022 | 11:58 WIB - Langkah
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

PADA tanggal 22 April setiap tahunnya, warga dunia akan memperingati Hari Bumi atau Earth Day. Di balik hari internasional tersebut, tentunya terdapat sejarah mengapa dipilih tanggal 22 April.

Setiap tahunnya, Hari Bumi Sedunia membawa isu dan tema yang berbeda-beda. Untuk tema pada Hari Bumi Sedunia tahun 2022, tema yang dipilih 'Invest in Our Planet' atau 'Investasi di planet kita'.

BERITA TERKAIT:
Jelang Hari Jadi ke-278, Pemkab Sragen Gelar Malam Tirakatan dan Doa Bersama
Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Pemkot Cirebon Tambah Destinasi Wisata Baru
Begini Sejarah Sistem Kalender hingga Tercipta Tahun Kabisat 
Sejarah Peringatan Hari Ibu: Mengapa Ditetapkan Tanggal 22 Desember?
Mengulik Sejarah Tragedi Pesawat Dakota VT-CLA, Refleksi Perjuangan TNI AU

Tema tersebut sebenarnya masih berkaitan dengan tahun sebelumnya. Pada 2021, tema Hari Bumi Sedunia adalah 'Restore Our Earth' yang bermakna memperbaiki planet kita.

Namun, tahukah Anda kisah di balik pemilihan 22 April sebagai Hari Bumi Sedunia? Berikut penjelasannya.

 

Dikutip dari english.jagran.com, Hari Bumi Sedunia diperingati setiap tanggal 22 April. Tanggal 22 April telah menjadi tanggal penting karena ini adalah musim semi di belahan bumi utara dan musim gugur di belahan bumi selatan.  Di samping itu, pada bulan April cuaca di planet bumi adalah yang paling memungkinkan untuk melakukan perayaan Hari Bumi yang berkelanjutan.

Hari Bumi Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 22 April 1970. Selama konferensi UNESCO pada tahun 1969 di San Fransisco, aktivis perdamaian John McConnell mengusulkan untuk menghormati ibu pertiwi. Namun, Hari Bumi Sedunia sebelumnya diusulkan untuk diadakan pada tanggal 21 Maret 1970, hari pertama musim semi di belahan bumi utara.

Kemudian, Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson mengusulkan untuk mengadakan pencerahan lingkungan nasional pada tanggal 22 April 1970 dan menamainya 'Earth Day' atau 'Hari Bumi'.

Hari Bumi 2022 dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap perubahan iklim. Pada peringatan Hari Bumi akan dibahas secara khusus kesadaran tentang lingkungan hidup di seluruh dunia. Maka Hari Bumi menjadi sebuah kesempatan istimewa untuk membawa jutaan orang untuk saling terhubung dan mendiskusikan masalah seperti polusi, deforestasi, dan banyak lagi.

Menurut situs web resmi, earthday.org yang merupakan perekrut terbesar di dunia untuk gerakan lingkungan, telah berhasil bekerja dengan lebih dari 75.000 mitra di lebih dari 192 negara untuk mendorong tindakan positif memelihara lingkungan dalam planet kita. Aktivitas orang-orang pada Hari Bumi umumnya adalah berpartisipasi dalam berbagai diskusi tentang topik-topik seperti iklim dan literasi lingkungan, dan sekolah dan perguruan tinggi melakukan penanaman pohon.

Itulah sejarah Hari Bumi dan mengapa dipilih tanggal 22 April setiap tahunnya. Semoga bermanfaat.

***

tags: #sejarah #perubahan iklim #hari bumi #earth day

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI