10 Film Horor Indonesia Terseram Sepanjang Masa, Jangan Ditonton Sendirian! (Bagian 1)

Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. 

Rabu, 20 Juli 2022 | 15:23 WIB - Layar
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

DI ANTARA genre lainnya, film horor memiliki banyak penggemar. Sensasi menonton yang membuat tegang dan memacu adrenalin membuat film dengan genre satu ini sangat diminati masyarakat.

Sebagian dari kita mungkin tidak begitu suka dengan film genre horor karena dianggap hanya khayalan semata yang membuat orang takut untuk diam di rumah sendirian. Akan tetapi, film horor Indonesia banyak pula yang berdasarkan kisah nyata atau cerita rakyat setempat. 

BERITA TERKAIT:
Dosen Komunikasi UNAIR Ini, Ungkap Alasan Film Horor Kian Populer di Indonesia
Trailer Film "Saranjana: Kota Ghaib Dirilis", Warganet Protes: Katanya Kota Canggih, Kok Ada Pocong?
"Saranjana: Kota Ghaib", Urband Legend yang Kini Diangkat Jadi Film Bioskop
Biar Gak Bingung, Ini Sinopsis dan Urutan Nonton Film Insidious Chapter 1 Sampai 5 
Syuting Film Horor Perjanjian Gaib, Pemain Kesurupan Masal

Di Indonesia, terdapat banyak sekali film horor yang membuat bulu kuduk merinding saat ditonton, apalagi jika sendirian. Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. 

Jika kamu merupakan penikmat film horor dalam negeri, berikut KUASAKATACOM rangkum 10 film horor Indonesia terseram sepanjang masa yang wajib masuk dalam watching list kamu.

1. Pengabdi Setan (1980)

Pengabdi Setan rilisan tahun 1980 adalah film horor di Indonesia yang populer pada masanya. Bahkan, kepopulerannya sampai ke tingkat Internasional. Saking suksesnya, film ini dibuat kembali pada 2017 dengan judul serupa, yang juga mendulang kesuksesan seperti pendahulunya.

film horor Indonesia satu ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang kaya raya namun jauh dari agama. Keanehan di keluarga ini mulai terungkap saat sang ibu meninggal.

Mulai dari penampakan kuntilanak, hingga sosok pembantu baru yang misterius, dan terbunuhnya penjaga rumah semakin memberikan teka-teki aneh untuk mengungkap latar belakang yang disembunyikan oleh keluarga ini.

2. Sundel Bolong (1981)

Film Sundel Bolong adalah film horor Indonesia garapan sutradara Sisworo Gautama yang dirilis pada 1981. Dibintangi oleh Suzanna dan Barry Prima, Sundel Bolong merupakan film pertama yang diangkat berdasarkan legenda rakyat.

Film ini menceritakan tentang arwah Alisa (Suzanna) yang menjadi gentayangan usai melakukan tindakan aborsi sendiri usai dihamili bosnya. Ia pun melakukan balas dendam dengan meneror dan membunuh orang-orang yang pernah merusak kehidupannya. Setelah dendamnya terbalas, suaminya, Hendarto (Barry Prima) memohon arwahnya berpulang ke alamnya.

 

3. Bayi Ajaib (1982)

Dirilis tahun 1982, Film Bayi Ajaib diperankan antara lain oleh aktor W.D Mochtar, Rina Hassim, Muni Kader, dll serta disutradarai oleh Tindra Rengat. 

Bayi Ajaib berkisah tentang persaingan antara Dorman dan Kosim dalam memperebutkan kedudukan sebagai lurah. Kosim menggunakan hartanya, dari hasil penemuan intan, untuk membantunya meraih posisi lurah. 

Di lain pihak, Dorman yang merupakan keturunan Portugis meminta bantuan arwah moyangnya, Alberto Domenique, untuk merasuki Didi, bayi yang sedang dikandung oleh istri Kosim.

4. Malam Satu Suro (1988)

Malam Satu Suro adalah film horor Indonesia tahun 1988 yang disutradarai oleh Sisworo Gautama Putra dan dibintangi oleh Suzzanna, Fendy Pradana, Johny Matakena, dan Nurnaningsih. Film ini dikenal dengan alur ceritanya yang unik karena tidak mengetengahkan sang hantu sundel bolong sebagai tokoh antagonis seperti umumnya di perfilman nusantara kala itu, tetapi sebagai tokoh utama / protagonis.

Diceritakan, Suketi (Suzzanna), seorang arwah sundel bolong dibangkitkan dari kuburnya oleh seorang dukun bernama Ki Rengga dan dijadikan anak angkatnya. Ki Rengga menancapkan paku keramat ke kepala Suketi dan merapalkan mantera hingga arwah tersebut berubah menjadi manusia.

Suketi yang berubah menajdi wanita cantik suatu hari bertemu dengan seorang pemburu asal kota (Fendy Pradana). Keduanya pun jatuh cinta dan akhirnya menikah. Namun, akhirnya rahasia Suketi yang merupakan seorang sundel bolong pun terbongkar oleh musuh sang suami. Suketi yang berubah menjadi sundel bolong pun kembali bergentayangan.

5. Jelangkung (2001) 

Jelangkung adalah sebuah film horor dari Indonesia yang dirilis tahun 2001. Film yang disutradarai Rizal Mantovani dan Jose Poernomo ini mengusung tema ritual mistis kuno jailangkung dari Indonesia.

Jelangkung mengisahkan tentang emapat sekawan yang memang tengah berburu tempat-tempat angker guna mendapatkan pengalaman mistis. Sayangnya, hal tersebut nggak mereka dapatkan sampai pada kunjungan mereka ke desa Angkerbatu di Jawa Barat.

Singkat cerita, Soni, salah satu dari empat sekawan tersebut memutuskan untuk menggunakan ritual Jelangkung untuk mendapatkan ilmu gaib. Setelah itu, justru malapetaka yang akan menghantui empat sekawan ini.

Itulah 5 dari 10 film horor yang dirangkum KUASAKATACOM dari berbagai sumber. Jangan menonton sendirian, ya. 

***

tags: #film horor #suzzanna #indonesia #pengabdi setan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI