Ilustrasi penutupan masjid, Foto: Istimewa

Ilustrasi penutupan masjid, Foto: Istimewa

Viral Pria Tolak Penutupan Masjid, MUI: Warga Tahan Diri

Pria yang viral tersebut telah mendatangi kantor polisi dan memberikan klarifikasi.

Selasa, 06 Juli 2021 | 09:10 WIB - Ragam
Penulis: Ririn . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Seorang pria di Situbondo Jawa Timur menolak penutupan masjid di masa PPKM Darurat. Menanggapi hal itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) berpesan agar warga menahan diri.

"Dalam suasana darurat Covid yang luar biasa di Tanah Air kita wabilkhusus di pulau Jawa dan Bali, maka mari sama-sama kita menahan diri, sama-sama kita berusaha menghindarkan dari mudarat yang lebih besar. Kita menahan diri selama dua pekan ini selama PPKM ini," ungkap Wakil Sekjen MUI Ziyad, Selasa (6/7).

BERITA TERKAIT:
Soroti Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini, MUI Tegaskan Nikah Beda Agama Tak Sah dan Hukumnya Zina
MUI Soal Film Kiblat: Agama Dipermainkan Hanya untuk Bisnis 
Film Kiblat Tuai Pro-Kontra, Dianggap Kampanye Hitam Terhadap Islam 
MUI Tegas Soal Seruan Boikot Kurma Israel: Semua Produknya Haram untuk Dibeli
Ketua MUI: Hukumnya Haram Menerima Sogokan Politik

Lebih lanjut, ia berdoa semoga Allah SWT memberikan pertolongan dan melindungi rakyat Indonesia dari virus Corona. Menurutnya, PPKM Darurat merupakan salah satu usaha untuk meminimalkan penyebaran wabah.

"Inilah ikhtiar yang dilakukan pemerintah dan didukung oleh Majelis Ulama Indonesia dalam rangka mengurangi dan menekan laju pasien Covid yang luar biasa ini. Jadi mari kita sama-sama untuk menciptakan suasana yang lebih menyenangkan, menyejukkan," jelasnya.

"Mudah-mudahan kita dengan sabar, taat dalam mengikuti proses ini mudah-mudahan pandemi Covid bisa segera berlalu dan segera sirna dari bumi Indonesia kita cintai ini," sambungnya.

Sebuah video berdurasi 52 detik menunjukkan seorang pria menolak penutupan masjid selama PPKM Darurat di Situbondo viral. Penolakan dilakukan karena masjid dinilai tak berkontribusi dalam penyebaran corona.

Dalam tayangan  itu, tampak seorang pria bersarung dan berkopiah berdiri membacakan pernyataan sikap. Ucapan pria tersebut diikuti empat orang lainnya. Salah satunya, perempuan.

"Kami umat Islam Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, menyatakan menolak dan menentang surat Sekda Kabupaten Situbondo tertanggal 2 Juli 2021, khususnya angka 4 yang menyatakan penutupan masjid. Apabila Sekda Kabupaten Situbondo tetap melakukan penutupan masjid, kami nyatakan siap perang," kata pria tersebut dalam video.

Belakangan diketahui, pria yang viral tersebut adalah Muhammad Khalil warga Desa/Kecamatan Mangaran Situbondo. Disebut-sebut, ia juga merupakan pengacara setempat.

pria yang viral tersebut telah mendatangi kantor polisi dan memberikan klarifikasi. Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Agus Widodo mengatakan klarifikasi terhadap yang bersangkutan dilakukan untuk mendalami tujuan dan motivasi pembuatan video tersebut.

"Dalam klarifikasinya itu, kami juga sudah mendengarkan alasan-alasan yang bersangkutan membuat video tersebut. Dia bilang karena spontanitas saja. Intinya, kenapa berjemaah di masjid saja kok nggak boleh?" pungkasnya.

***

tags: #mui #pria #ppkm darurat #menolak penutupan masjid

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI