Warga Solo Antusias Nikmati Keindahan Ribuan Lampion di Kawasan Pasar Gede

Pada perayaan Imlek di Solo tahun ini akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya.

Selasa, 17 Januari 2023 | 05:18 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Surya

KUASAKATACOM, Solo - Menjelang Tahun Baru China 2023 atau 2574 (tahun China), ribuan lampion tampak menghiasi langit-langit di Kawasan Pasar Gede, Surakarta, Jawa Tengah. Penasaran dengan kecantikan warna-warni lampion tersebut, warga pun antusias menikmati keindahan kawasan tersebut yang dihiasi dengan lampion pada Senin (16/1/2023).

Dalam hal ini, Panitia Imlek Kota Surakarta sengaja memasang ribuan lampion di kawasan Pasar Gede untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek dan sebagai daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo.

BERITA TERKAIT:
Pesta Lampion Meriahkan Specta Sindoro-Sumbing Triathlon dan Duathlon Challenge 2024
Meriahkan Festival Lampion Waisak 2024, Sumarno: Menunjukkan Toleransi dan Kerukunan Antarumat Beragama
Pecinan Semarang Berhias Lampion Sambut Imlek
Mengintip Persiapan Perayaan Imlek di Solo
Warga Solo Antusias Nikmati Keindahan Ribuan Lampion di Kawasan Pasar Gede

Sebelumnya, Panitia Imlek Kota Surakarta menyampaikan bahwa Tahun Baru China kali ini dimeriahkan dengan pemasangan hiasan sekitar 5.000 lampion di Jalan Urip Sumoharjo dan Jenderal Sudirman Plaza Balai Kota Surakarta, mulai tanggal 10 Januari hingga 5 Februari mendatang.

Pada perayaan Imlek di Solo tahun ini, akan lebih meriah dibanding tahun sebelumnya yang masih pandemi COVID-19, kata Ketua Panitia Imlek 2023, Sumartono Hadinoto dalam konferensi pers di Kantor PMS Solo, Selasa.

"Perayaan Tahun Baru Imlek 2022, dirayakan sederhana karena masih pandemi dengan memasang 1.000 lampion, tahun ini meningkat ada 5.000 lampion yang menghiasi pusat Kota Surakarta," kata Sumartono belum lama ini.

Sumartono menyampaikan perayaan Imlek tahun ini dengan memasang 5.000 lampion warna merah dan kuning, ditambah 12 Shio, lampion Kelinci sebagai maskot, lampion Dewa Rejeki, barongsai, Jileyhud, lampion lilin, dan Gapura Imlek di kawasan Pasar Gede Solo.

"lampion-lampion itu akan menghiasi Jalan Urip Sumoharjo atau kawasan Pasar Gede dan Jalan Jenderal Sudirman di kawasan Bundaran Gladag hingga Balai Kota Surakarta. lampion itu akan menghiasi dan dinyalakan lampunya mulai Selasa (10/1) Januari hingga 5 Februari mendatang," kata Sumartono.

***

tags: #lampion #solo #tahun baru china #pasar gede

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI