Pancaroba, Dinkes Ingatkan Warga Kota Semarang Waspada Berbagai Penyakit

Menurutnya, upaya pencegahan yang harus dilakukan masyarakat yakni dengan menerapkan perilaku hidup sehat. 

Senin, 20 November 2023 | 17:48 WIB - Kesehatan
Penulis: Holy . Editor: Muyassaroh

KUASAKATACOM, SemarangDinas Kesehatan Kota Semarang mengingatkan warga Ibukota Jawa Tengah mewaspadai berbagai potensi penyakit yang muncul. Sebab saat ini peralihan musim dari kemarau ke musim hujan alias pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M Abdul Hakam mengatakan, pada masa pancaroba, kebanyakan respon tubuh akan mengalami perubahan, yakni menurunnya imun tubuh. Hal ini berpotensi terjadinya infeksi atau penyakit lain karena respon tubuh dalam menghadapi perubahan cuaca yang terjadi. Hakam menyebut, ada beberapa penyakit yang sering ditemui saat masa pancaroba

BERITA TERKAIT:
Masyarakat Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Pancaroba
Pancaroba, Dinkes Ingatkan Warga Kota Semarang Waspada Berbagai Penyakit
Pancaroba, Mbak Ita Imbau Warga Kota Semarang Waspadai Beberapa Penyakit
Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Hujan Disertai Petir Hari Ini
Masyarakat Diimbau Waspadai Potensi Puting Beliung saat Pancaroba

"Yang pertama yakni demam berdarah, ada juga ISPA seperti bronkitis, pilek, influenza dan batuk," kata Hakam, di Semarang, Senin (20/11).

Selain itu, penyakit yang perlu diwaspadai yakni diare. Diare terjadi karena infeksi virus atau bakteri di usus besar yang berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi. Menurutnya, upaya pencegahan yang harus dilakukan masyarakat yakni dengan menerapkan perilaku hidup sehat. 

"Istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, rutin dan teratur berolahraga. Juga jangan lupa mengkonsumsi vitamin C yang cukup dan terpenuhi dan nutrisi seimbang," imbuhnya. 

Yang terpenting, kata Hakam, menjaga lingkungan tetap bersih dengan PSN dan 3M Plus untuk pencegahan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

***

tags: #pancaroba #dinas kesehatan #penyakit #pencegahan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI