Lapas Kelas IIB Brebes mengadakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan blok hunian lapas setempat, Sabtu (1/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Lapas Kelas IIB Brebes mengadakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan blok hunian lapas setempat, Sabtu (1/6/2024). Foto. Eko S/Kuasakata.com

Pegawai Lapas Brebes Kenakan Pakaian Adat pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Sebagai upaya nyata dalam memperkuat semangat persatuan dan kesatuan.

Sabtu, 01 Juni 2024 | 20:37 WIB - Ragam
Penulis: Eko S . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Brebes - Pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes mengenakan pakaian adat/tradisional Indonesia  saat menjadi peserta upacara dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di halaman blok hunian lapas setempat, Sabtu (1/6/2024).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Brebes, Isnawan juga memakai pakaian adat.. , saat bertindak sebagai Inspektur upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024.

BERITA TERKAIT:
Lapas Brebes Tandatangani Kerjasama Tugas dan Fungsi Pemasyarakatan dengan Polres Brebes
Lapas Brebes Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat
Lapas Brebes Gelar Rapat Penyusunan dan Draft Perjanjian Kerjasama dengan Polres Brebes
Peringati HANI 2024, Lapas Brebes Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tes Urin
Peringati HANI 2024, Kalapas Brebes Pimpin Penggeledahan Kamar Hunian Warga Binaan

Dalam sambutannya, Isnawan membacakan amanat dari Kepala BPIP RI yang menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa yang harus terus dijaga dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," lanjut Isnawan.

Isnawan menambahkan, keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. 

"Kita juga patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara. Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati Pemilihan Umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Isnawan. 

Menurut Isnawan, Upacara Hari Lahir Pancasila ini juga menjadi momen refleksi bagi seluruh peserta mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila. Selain itu, acara ini juga memperkuat rasa kebersamaan dan kebanggaan akan keragaman budaya yang ada di Indonesia.

"Lapas Kelas IIB Brebes berharap melalui Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, seluruh penghuni dan petugas dapat semakin memperkokoh rasa cinta tanah air dan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari," terang Isnawan.

Isnawan mengemukakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapas Brebes tahun ini tidak hanya menjadi wujud penghormatan terhadap sejarah bangsa, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam memperkuat semangat persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman.

***

tags: #lapas kelas iib brebes #lembaga pemasyarakatan #hari lahir pancasila

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI