Shin Tae-yong Siapkan Strategi Khusus Hadapi Irak

Pelatih berusia 50 tahun tersebut mengatakan bahwa Timnas Indonesia akan menjadi lawan sulit.

Kamis, 06 Juni 2024 | 15:39 WIB - Olahraga
Penulis: - . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Jakarta - Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) menerangkan bahwa, ia telah menyiapkan para pemainnya semaksimal mungkin jelang menghadapi Irak dalam pertandingan leg ke-2 babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta) pada Kamis (6/6/2024) pukul 16.00 WIB. Untuk menghadapi pertandingan tersebut, ia telah melakukan persiapan untuk Timnas Indonesia terutama, melakoni laga uji coba kontra Tanzania pada akhir pekan lalu. Pertandingan tersebut sengaja dilakukan untuk melihat fisik para pemain. Shin Tae-yong pun menyebut kondisi fisik para pemainnya kini sudah dalam keadaan baik.

"Memang pertandingan melawan Tanzania kemarin itu sangat membantu untuk kondisi para pemain dan kondisi pemain saat ini sangat baik," ujarnya pada Rabu (5/6/2024).
Hal lainnya yang dipersiapkan yakni strategi atau skema permainan. Shin Tae-yong membeberkan dirinya juga mengantisipasi permainan dari Irak baik saat menyerang maupun bertahan. 
"Tim Irak memang tim yang bagus, kita pastinya akan antisipasi bagaimana kita akan menyerang, bertahan, dan berjuang. Itu akan kita latih juga hari ini. Kemarin pun sudah dilatih,"ungkapnya.

BERITA TERKAIT:
Balasan PSSI terhadap Sanksi AFC untuk STY, Justin Hubner, dan Ivar Jenner
Akibat Langgar Kode Etik dan Disiplin, AFC Beri Sanksi Justin Hubner dan Ivar Jenner
Shin Tae Yong Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Timnas Indonesia hingga 2027 
STY Belum Tanda Tangan Kontrak Baru dengan PSSI, Ini Alasannya  
Shin Tae-yong Siapkan Strategi Khusus Hadapi Irak

Dalam pertandingan leg-1 sebelumnya, Shin Taeyong juga turut memberikan komentar kekalahan 5-1 skuad Garuda pada saat away ke Irak. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu menjelaskan kala itu Indonesia kalah lantaran dalam kondisi fisik yang tidak baik, begitu juga dengan adaptasi cuaca yang kurang optimal.

"Memang kita kalah 5-1 (di laga leg 1 Kualifikasi Piala Dunia), tetapi waktu itu situasi Timnas tidak bisa pindah ke Irak dengan satu pesawat, apalagi waktunya sedikit untuk adaptasi cuaca dan waktu, jadi para pemain sempat jet lag. Setelah itu kita juga away, pindah langsung ke Filipina, itu pun hampir seharian kita pindah ke Irak. Jadi laga away kemarin sangat melelahkan buat para pemain," ujar Shin Tae-yong lagi. Laga nanti akan menjadi tekat Shin Tae-yong untuk membawa Indonesia membalaskan dendam kekalahan pada pertemuan kala itu dengan skor 5-1.

"Irak merupakan tim yang baik dan pastinya lebih kuat dibanding Indonesia, tetapi sekarang sudah waktunya kita bisa coba untuk meraih kemenangan. Jadi yang penting, para pemain bisa bermain dengan percaya diri, mungkin saja bisa membawa hasil yang baik," ungkapnya.

Ditambah, ia juga membeberkan bahwa kondisi para pemain saat ini dalam kepercayaan diri yang baik dan sudah lebih kompak. Ia pun tak mempermasalahkan jauhnya ranking FIFA antara Irak dan Indonesia. Irak kini berada di peringkat ke-58, sementara Indonesia menduduki peringkat 134. Sementara itu, untuk peringkat di grup F, Irak berada urutan pertama dengan torehan 12 poin, sementara Indonesia berada di peringkat kedua.

Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk bisa memastikan diri melaju ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Kapten Timnas Indonesia, Jordi Amat mengakui bahwa Timnas Irak punya skema permainan yang bagus. Tak hanya itu, mereka juga ditopang pemain-pemain berkualitas. Striker Timnas Irak, Alis Jasim yang merupakan top skor Piala Asia U-23, jadi salah satu pemain Irak yang bakal mendapatkan pengawalan ketat. Begitu juga dengan pemain-pemain lainnya yang sudah dianalisis.

"Seperti yang saya katakan tadi, mereka punya potensi yang sangat bagus di lini depan, bukan cuma striker, winger nomor 8-9 juga sangat bagus. Jadi kita harus bisa bertahan dengan baik,"ungkapnya.


Pemain yang bertugas sebagai bek tengah ini akan mengarahkan kepada rekan-rekannya untuk disiplin saat bertahan. Terlebih Irak juga mempunyai umpan-umpan bagus yang langsung mengarah ke area kotak penalti. Sekarang, Irak berada urutan pertama Grup F dengan torehan 12 poin, sementara Indonesia yang mengemas tujuh poin berada di peringkat kedua dengan raihan 7 poin. Setelah laga lawan Irak, tim besutan Shin Tae-yong ini giliran menjamu Filipina pada 11 Juni mendatang.

Sementara itu, Bek tengah Timnas Indonesia, Jay Idzes dikabarkan akan tiba di Indonesia hari ini. Setibanya di Indonesia, pemain yang baru saja membawa Venesia FC promosi ke Serie A itu bakal dicek kondisinya. Lalu, untuk Calvin Verdonk yang baru saja resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), baru bisa dimainkan saat menghadapi Filipina, 11 Juni mendatang.

Pelatih Timnas Irak, Jesus Casas mengakui bahwa laga melawan Timnas Indonesia tak akan mudah. Irak akan menghadapi Timnas Indonesia di laga lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Untuk menghadapi tim asuhan Shin Tae-yong ini Irak sebenarnya memiliki modal bagus. Pasalnya, Irak pada leg pertama yang berlangsung November lalu, mereka mengalahkan Timnas Indonesia 5-1. Bahkan saat ini Irak berada diatas angin di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini karena Irak dipastikan telah lolos ke putaran ketiga setelah menang empat laga beruntun. Untuk itu, Irak saat ini telah mengemas 12 poin dari empat laga yang dilakoninya. Oleh karena itu, Irak sebenarnya sudah di atas angin pada laga melawan Timnas Indonesia ini.

Akan tetapi, Jesus Casas tak ingin menganggap mudah lawan skuad Garuda ini. Pelatih asal Spanyol tersebut bahkan menyebut pertandingan melawan Timnas Indonesia ini bakal sulit. Menurutnya, Jordi Amat dan kawan-kawan merupakan tim yang kuat. Untuk itu, pertandingan tak akan mudah nantinya. Apalagi Timnas Indonesia akan tampil di hadapan ribuan suporternya langsung, sehingga mereka diyakini bakal memiliki semangat lebih besar.

"Saya pikir besok adalah pertandingan sulit dalam ronde ini (di Kualifikasi Piala Dunia 2026) karena saya pikir Indonesia adalah tim yang kuat," ujar Jesus Casas.

Lebih lanjut, pelatih berusia 50 tahun tersebut mengatakan bahwa Timnas Indonesia akan menjadi lawan sulit. Pasalnya, tim asuhan Shin Tae-yong juga bakal tampil habis-habisan agar bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Apalagi jika Tim Merah Putih lolos ke putaran ketiga. Timnas Indonesia secara otomatis juga bisa mengamankan tiket ke Piala Asia 2027. Untuk itu, Casas percaya Timnas Indonesia pasti memiliki motivasi tinggi agar bisa mengamankan tiket ke babak selanjutnya.
"Mereka bermain demi bisa lolos kualifikasi untuk Piala Asia selanjutnya," tegasnya.

Dengan motivasi tinggi itu juga, Jesus Casas berharap bisa menjalani pertandingan luar biasa nantinya. Bahkan sang pelatih tersebut mengaku akan menurunkan pemain terbaiknya. Hal ini karena ia ingin membawa Irak memberikan permainan terbaiknya melawan Timnas Indonesia nantinya. Walaupun mereka sudah aman, tetapi mereka tak ingin mainmain.
"Saya mengharapkan laga yang luar biasa (antara Irak melawan Indonesia)," pungkasnya. 

*Ditulis oleh wartawan magang Rahardian Haikal Rakhman

***

tags: #shin tae-yong #timnas #indonesia #irak #kualifikasi piala dunia

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI