Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Ilustrasi. Foto: Istimewa.

Polresta Solo Ringkus Komplotan Pembobol ATM

Komplotan ini biasa menyasar ATM SPBU yang sepi.

Rabu, 03 November 2021 | 06:28 WIB - Ragam
Penulis: Fauzi . Editor: Ririn

KUASAKATACOM, Solo - Polresta Solo menangkap komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sebuah kos di Kawasan Gayam, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Polisi meringkus komplotan tersebut setelah mereka menggasak uang tunai ratusan juta dari 12 mesin ATM.

Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menerangkan bahwa dalam kasus ini pihaknya mengamankan empat pelaku. Empat tersangka yang dibekuk yakni Irhamudin (38) dan Ibnu Amirullah (27) warga Tangerang, Banten. Serta Firnando (20) dan Ihsan (45) warga Bandar Lampung.

BERITA TERKAIT:
Pelaku Ganjal ATM Nyaris Babak Belur Dihajar Warga di Klender
Polisi Bekuk Pembobol Mesin ATM di Bantargebang
Kepergok Bobol ATM, Pria Ini Dibekuk Polisi
Empat Pria Ini Gondol Uang ATM Dengan Modus Ganjal Pakai Tusuk Gigi
Polresta Solo Ringkus Komplotan Pembobol ATM

Kapolresta menjelaskan, kasus ini terbongkar setelah aksi para pelaku dilaporkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kota Solo. “Dari laporan tersebut, dilakukan tindak lanjut hingga akhirnya dibekuk empat pelaku. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, mereka melakukan aksi di wilayah Solo Raya bahkan di wilayah Polda Jogja.” tuturnya, Selasa (2/11/2021).

Menurut Ade, modus yang mereka gunakan yakni dua pelaku berperan sebagai pengamat situasi, satu pelaku berpura-pura mengakses ATM, dan satu orang sebagai eksekutor. “Kedua orang di dalam menunggu kode dari orang di luar. Apakah menjalankan misi atau tidak,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa komplotan itu sudah membobol tujuh mesin ATM milik BRI dan lima milik Bank Mandiri. “Dari BRI berhasil digondol Rp. 239 juta, sedangkan Mandiri sebesar Rp. 22 juta. Selain di Solo, mereka juga beraksi di Sukoharjo dan Jogjakarta. Saat ini kita masih melakukan koordinasi efektiv dengan dua satwil tersebut,” paparnya.

Ade menambahkan, komplotan ini biasa menyasar ATM SPBU yang sepi.
 

***

tags: #pembobol atm #polresta solo #kapolresta surakarta #kombes pol ade safri simanjuntak

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI