Lima Ide Bisnis Buat Mahasiswa, Asli Cuan 

Berbisnis juga bisa dilakukan ketika sudah mencapai semester akhir, karena waktu luang saat berkuliah lebih banyak. 

Selasa, 11 Juni 2024 | 12:32 WIB - Trik
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

Menjadi seorang mahasiswa pasti memerlukan banyak kesibukan, tetapi bukan berarti kita tidak bisa menjalankan bisnis kecil-kecilan. Membuka usaha saat kuliah tidak hanya dapat meningkatkan dan mengembangkan keterampilan, tetapi juga dapat menambah penghasilan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau bahkan membiayai kuliah itu sendiri. bisnis mahasiswa tidak harus dimulai dengan modal besar.

Kunci utamanya adalah mencari pengalaman dalam berbisnis, dan jika dapat dikembangkan, tidak menutup kemungkinan untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha sejak usia muda. Di era teknologi dan digital saat ini, terdapat banyak peluang dan ide bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa

BERITA TERKAIT:
Lima Ide Bisnis Buat Mahasiswa, Asli Cuan 
Mahasiswa di Semarang Curi Fortuner Teman Koas, Ngaku Hanya Iseng
Ramai UKT Mahal, Menag: Tidak Boleh Memberatkan Mahasiswa
Lulusan UPGRIS Siapkan Soft Skill Untuk Bersaing dalam Dunia Kerja dan Dunia Industri
Maria Felicia, Mahasiswa UNDIP Raih Juara I Denok Kenang Semarang 2024

Berbisnis juga bisa dilakukan ketika sudah mencapai semester akhir, karena waktu luang saat berkuliah lebih banyak. 

Apa saja ide bisnis yang bisa dilakukan mahasiswa untuk nambah cuannya? 

1. Menjual produk handmade Produk buatan tangan atau do-it-yourself (DIY) dengan mengandalkan kreativitas sendiri memiliki banyak peminat. Misalnya membuat tas, baju, casing handphone handmade, atau aksesoris lainnya. 

bisnis seperti ini selain bisa mengisi waktu, juga bisa menyalurkan kreativitas, dan menghasilkan pendapatan tambahan untuk jajan.  Untuk memulai berbisnis ini, modal yang dikeluarkan bisa mulai dengan hanya ratusan ribu rupiah. Jual barang yang unik dan sesuai kebutuhan pasar.  

Dengan bantuan teknologi, barang yang dibuat juga bisa dipasarkan di e-commerce, di media sosial, maupun platform lainnya. 

2. bisnis camilan atau makanan ringan

bisnis camilan selalu menarik perhatian, apalagi jika makanan yang dijual unik atau sedang ngetren. Camilan terutama, memiliki lebih banyak peminat karena harganya yang bersahabat dengan kantong mahasiswa dan bisa dimakan di mana saja dan kapan saja.  

Beberapa ide bisnis camilan yang bisa dilakukan adalah dengan menjual kue, roti, keripik pedas, cokelat, puding silky, atau makanan sedang ngetren dan lebih mengenyangkan seperti corn dog, atau onigiri.   

Untuk membuka bisnis ini juga tidak perlu banyak biaya, bisa mulai dari 200.000 hingga 2 jutaan rupiah. Manfaatkan berjualan di kampus, dan bisa juga pasarkan melalui media sosial. 

 

3. Menjual buku bekas 

mahasiswa sering kali membutuhkan buku baik untuk akademik atau untuk bahan bacaan semata. Namun, harga buku baru di toko buku mungkin tidak sesuai dengan kantong mahasiswa.  

Kebutuhan ini bisa menjadi peluang dengan menjual buku bekas dengan harga lebih murah. Buku bekas sendiri bisa didapatkan secara gratis dari kakak tingkat yang sudah tidak memerlukan bukunya atau dari dosen, sehingga tak perlu modal besar. 

4. Usaha les privat 

Jika memiliki waktu luang cukup banyak, terutama untuk mahasiswa tingkat akhir, bisa dimanfaatkan untuk membuka jasa les privat untuk anak SD, SMP, atau SMA.  

mahasiswa dengan jurusan ilmu eksak bisa memanfaatkan ilmu yang didapatkan dari perkuliahan seperti biologi, kimia, fisika, dan matematika, atau mahasiswa jurusan bahasa asing seperti Bahasa Inggris bisa untuk mengajarkan ilmu dasarnya ke anak sekolah. 

bisnis ini umumnya laris dan banyak dicari ketika menjelang ujian sekolah atau ujian nasional, untuk membantu anak sekolah memperdalam dan menguasai materi yang akan diujikan.

5. bisnis Online Shop 

Peluang usaha mahasiswa selanjutnya adalah online shop. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, dan berbagai jenis sepatu. 

Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi di dunia maya. Penjualan tidak hanya ditujukan kepada teman-teman kampus, tetapi juga kepada pelanggan lain di dunia maya. 

Ada beberapa situs jual beli yang dapat dimanfaatkan untuk menjual barang milik pribadi ataupun milik orang lain. Kalau tidak memiliki barang, cobalah menjualkan barang dari beberapa situs reseller maupun dropship. 

Jadi, modal yang dibutuhkan tidak banyak, tetapi hasilnya lumayan, tergantung seberapa tekun menjalankan bisnis ini.

***

tags: #mahasiswa #bisnis

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI