Kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia Season 11 Tuai Kontroversi, Warganet Nilai Kiki Lebih Layak Juara 

Belinda mendapat poin sebanyak 1867, selisih 10 poin dengan Kiki yang memeroleh 1857 poin.

Senin, 27 November 2023 | 11:32 WIB - Pentas
Penulis: Siti Muyassaroh . Editor: Wis

MasterChef Indonesia (MCI) season 11 kini telah berakhir pada Minggu (26/11) dengan Belinda Christina sebagai juaranya setelah berhasil mengalahkan Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki. Namun, kemenangan Belinda itu tampaknya menuai kontroversi di kalangan pecinta MCI

Untuk diketahui, babak grand final MasterChef Indonesia menyisakan dua peserta, yakni Belinda dan Kiki. Keduanya harus bertanding dalam tiga ronde agar bisa menyabet gelar juara.

BERITA TERKAIT:
Dinilai Blunder Usai Bahas Kontroversi MasterChef, Chef Arnold Disentil Ferry Irwandi: Anda Gak Merasa Bersalah?
CV Kiki MasterChef Hoaks Bikin Heboh! Warganet Ungkap Ternyata Disebar oleh Teman Chef Arnold  
Jadi Runner Up MasterChef Indonesia, Kiki Langsung Diajak Collab Chef Wayan
Merasa Senasib dengan Kiki MasterChef Indonesia, Kiky Saputri: Kasian Banget yang Namanya Kiky
Kemenangan Belinda di MasterChef Indonesia Season 11 Buat Nama Lord Adi dan Nindy Dibahas Kembali

Pada ronde pertama bertajuk The Ultimate grand final Team Challenge, Belinda Christina meraih nilai 746, sedangkan Kiki mendapatkan 727. Keduanya dibantu oleh alumni MasterChef Indonesia season 11 untuk memasak hidangan Nusantara sebanyak 11 porsi.

Ronde kedua mendapat tantangan untuk menduplikasi menu lamb rock buatan Chef Hans Christian. Kiki mendapatkan lebih banyak nilai dari keempat chef, dengan total 355 poin, sedangkan Belinda mendapatkan 342 poin.

Di babak terakhir, keduanya wajib membuat signature dish dalam waktu 90 menit, termasuk tiga menu mulai dari appetizer, main course, hingga dessert. Di ronde ketiga ini, Belinda unggul empat poin dari kiki, yaitu masing-masing 779 dan 775.

Dari ketiga ronde tersebut, poin yang dihasilkan Belinda mengungguli Kiki. Belinda mendapat poin sebanyak 1867, selisih 10 poin dengan Kiki yang memeroleh 1857 poin.

Belinda lantas dinobatkan sebagai juara MCI season 11 dan berhasil membawa pulang satu unit mobil dan uang tunai sebesar Rp100 juta. Sementara Kiki, sebagai juara dua berhak mendapatkan satu unit mobil dan uang tunai sebesar Rp50 juta.

 

Namun, tampaknya kemenangan Belinda di MCI season 11 ini menuai kontroversi. Sebagian mendukung kemenangan Belinda Christina karena diakui kemampuan memasaknya standar kuliner internasional.

Namun, tak sedikit pula yang meragukan kemampuan Belinda dan menilai Kiki lebih layak menyandang gelar juara. Salah satu hal yang dipertanyakan kemampuan Belinda adalah bantuan yang kerap diterimanya dari chef maupun kontestan lain, termasuk dari Kiki.

Misalnya di galeri, Chef Renatta pernah menyuruh Belinda Christina mengganti piring karena dianggap kurang rapi. Kemudian Chef Juna dengan senang hati membantu memotong ikan ketika Belinda Christina kesulitan.

kontroversi kemenangan MCI ini juga turut menjadi trending topic di media sosial X (Twitter). Banyak yang menilai bahwa seharusnya Kiki yang menjadi juara, bukan Belinda.

"Sorry ya kiki kamu bkn chindo soalnya jadi km ga bisa menang.
Tapi 1 Indonesia tau kok ki kamu the real winner, kamu cuma dijatohkan oleh nilai ki, bukan kualitas masakan kamu. Kalo berbicara kualitas emang harusnya kamu jauh lebih bagus dari winner yg ga bs motong daging itu," cuit akun @pororoboy.

"Juara MCI 11
1. dibantu KIKI, mana dicut pula ????
2. Dessert rasa klorofil ????????????
Yang sabar ya KIKI, lu lebih deserve buat jadi winner MCI season 11," ungkap akun @selvym09.

"Udah dibilang dari awal MCI itu MasterChindo Indonesia. Please Welcome, JUARA MCI 11 Yang motong lamb aja dibantuin ???? acara LAWAK ! Monmaap nih min kenapa tuh komennya dinonaktifkan," kata akun @tedimo.

"Kecewa sama program MCI 11 Bukan karena fans Kiki, tapi memang bukti jelas progress si Kiki bagaimana. Salut sama Kiki yang selalu berpositif thinking dan selalu humble. Kamu tetap juara di hati kami kikiwww," tulis akun @Gina_marxie.

***

tags: #masterchef #kontroversi #belinda #grand final #kiki mci

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI