Arab Saudi Izinkan Umroh untuk Orang yang Sudah Divaksin

Nantinya, jemaah akan diminta menunjukan izin dan verifikasi dari aplikasi tersebut.

Selasa, 06 April 2021 | 19:33 WIB - Internasional
Penulis: Wisanggeni . Editor: Wis

KUASAKATACOM, Riyadh- Pemerintah Arab Saudi mulai Ramadhan 2021, memperbolehkan dilangsungkannya ibadah umroh untuk orang yang sudah disuntik vaksin Covid-19

Dikutip dari Saudi Gazette, ibadah itu hanya untuk orang yang sudah divaksin. Mereka diperbolehkan salat di Masjidil Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah.

BERITA TERKAIT:
Soal Layanan Haji, Arab Saudi Buka Peluang Kontrak Jangka Panjang dengan Indonesia
Ibadah Haji 1445 H Berjalan Lancar, Menag Apresiasi Kerajaan Arab Saudi
Kemenkes Arab Saudi Umumkan 1.301 Orang Wafat, 83% Jemaah Haji Tidak Resmi
Saat Pulang ke Tanah Air Jemaah Haji Dilarang Bawa Air Zamzam di Koper Bagasi
Bus Shalawat Berhenti Beroperasi, PPIH Imbau Jemaah Haji Salat Jumat di Pemondokan

Aturan itu sesuai yang dikeluarkan oleh Kementerian Haji dan umroh Arab Saudi, Senin (5/4/2021). Selain itu, izin itu juga diberikan juga untuk orang yang telah disuntik vaksin dosis 1 dalam kurun waktu setidaknya 14 hari terakhir, atau yang sudah sembuh dari Covid-19.

Guna menekan risiko penyebaran virus, para petugas yang bekerja selama bulan Ramadhan juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada kepastian sampai kapan kebijakan itu berlaku. Mengingat, total kasus Covid-19 di Arab Saudi kini tercatat sebanyak 393.000 kasus positif, dengan 6.697 kematian.

Jemaah yang akan salat dan mengunjungi dua Masjid Suci, sesuai tata cara yang ditetapkan, harus mendaftar lebih dulu melalui aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna, menyesuaikan jam operasional yang berlaku.

Nantinya, jemaah akan diminta menunjukan izin dan verifikasi dari aplikasi tersebut, langsung dari rekening pemegang izin dalam aplikasi.

Verifikasi itu, diingatkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi hanya bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut, sehingga jemaah perlu berhati-hati dengan situs web dan kampanye palsu.

***

tags: #arab saudi #umroh #vaksin #covid-19

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI