Pemeliharaan Jembatan Kali Babon Telan Rp6,7 miliar

Wishnu menjelaskan, pekerjaan pemeliharaan Sungai Babon akan berlangsung selama 3 bulan, yang dimulai Jumat (3/5/2024). 

Jumat, 10 Mei 2024 | 16:14 WIB - Ragam
Penulis: Issatul Haniah . Editor: Fauzi

KUASAKATACOM, Demak - Proyek pemeliharaan Jembatan Sungai Babon di Jalan Pantura Semarang-Demak menelan anggaran sebesar Rp6,7 miliar. 

Jembatan Babon A memiliki panjang 36 meter dengan lebar 7,5 meter, sedangkan Jembatan Babon B (arah Jakarta) panjangnya 37 meter dengan lebar 7,5 meter.

BERITA TERKAIT:
Misteri Penemuan Pria Tak Sadarkan Diri di Kali Babon Semarang Terungkap! Berawal dari Perampas Hp
Polisi Usut Penemuan Pria Terikat dan Pingsan di Sungai Babon Semarang
Pemeliharaan Jembatan Kali Babon Telan Rp6,7 miliar
Mbak Ita Sebut Penanganan Banjir di Kali Babon Jadi PR Utama, Kok Bisa?
Tanggul Kali Babon Jebol, Ratusan Warga Demak Mengungsi 

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.1 Provinsi Jawa Tengah, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Wishnu Herlambang mengatakan, anggaran tersebut masuk dalam nilai kontrak paket tahun anggaran 2024. 

"Kegiatan pemeliharaan berkala Jembatan Babon ini yang dilakukan antara lain penggantian dan pengencangan baut, penggantian lapis aspal permukaan menjadi rigid/beton, perbaikan expantion join, dan perbaikan head wall abutment," ujar Wishnu, (10/5/2024). 

Wishnu menjelaskan, pekerjaan pemeliharaan Sungai Babon akan berlangsung selama 3 bulan, yang dimulai Jumat (3/5/2024). 

"Dengan menjaga kondisi jembatan secara teratur akan mendukung jembatan tetap dalam kondisi siap layan, serta mencegah penurunan performa struktur jembatan seiring berjalannya waktu," paparnya. 

Dalam pelaksanaannya, pekerjaan pemeliharaan jembatan ini dilakukan melalui 2 tahap. Tahap pertama di Jembatan Babon A (arah Surabaya), dan tahap kedua di Jembatan Babon B (arah Jakarta). 

pemeliharaan jembatan Babon ini merupakan salah satu lingkup pekerjaan yang dilaksanakan melalui paket rekonstruksi Jalan Semarang-Demak - Trengguli-Jepara/Kudus, Pelebaran Jembatan Kaliboyo CS dan Berkala Jembatan Tuntang Buyaran CS B (E-Katalog). 

"Nilai kontrak paket tersebut sebesar Rp 6,79 miliar tahun anggaran 2024," ucap dia.

Untuk rekayasa lalu lintas, BBPJN Jawa Tengah-DI Yogyakarta berkoordinasi dengan Satlantas Demak. Selama pekerjaan berlangsung hanya 1 jalur yang ditutup untuk area pekerjaan, sedangkan 3 jalur lainnya tetap dibuka untuk lalu lintas. 

“Apabila terjadi rob saat perbaikan kendaraan kecil (roda 2 dan 4) diarahkan melewati jalan alternatif Onggorawe, dan jika terjadi antrian panjang akan diterapkan contraflow hingga waktu tertentu” tambah Wishnu.


 

***

tags: #kali babon #pemeliharaan

KOMENTAR

BACA JUGA

TERKINI